Jateng Usulkan Pendirian Himpunan Perawat Holistik Indonesia (HPHI)

Keperawatan komplementer dan alternatif yang tertulis dalam UU keperawatan ternyata tidak mendapat persetujuan dalam focus froup discussion (FGD) yang diikuti para akademisi dan praktisi.

Mereka lebih sepakat mengusulkan nama ‘Keperawatan Holistik’ dalam Naskah Akademik Himpunan Perawat Holistik Indonesia (HPHI) yang akan diusulkan ke Pengurus Pusat PPNI. FGD ini diprakarsai oleh PPNI Jateng sebagai tindaklanjut dari Rakerprov II di Banjarnegara beberapa waktu lalu.

Keperawatan adalah ilmu yang sangat luas menyangkut pelayanan berbasis bio-psiko-sosio-spiritual-kultural. Keperawatan holistik memiliki dasar teori yang kuat untuk mendukung main-stream body of knowledge keperawatan melalui Teori Caring Watson; Teori Transculture Leninger, Teori Wilber, Teori Energi Roger dan Teori Integratif Nursing, Barbara Dosie;

Jenis-jenis yang termasuk dalam pelayanan ini: 1) mind body intervention: hipnoterapi, relaksasi meditasi, yoga, terapi musik, dll; 2) teraoi energi: accupresur, reiki, healing touch magnet ttherapy; 3) lainnya herbal dan jamu, kecantikan, akupungtur, message, refleksi, shiatsu, aromatherapy, dll.

Namun peserta FGD sepakat sampai sekarang evidance-base keperawatan holistik masih tidak konsisten. Padahal ini penting untuk menyatakan tindakan keperawatan holistik mana yang masuk dalam pelayanan keperawatan.

Karena itu dibutuhkan sekelompok perawat yang menguasai ilmu keperawatan holistik (ilmuwan), menerapkannya dalam praktek keperawatan untuk keselamatan pasien (praktisi); menata level kompetensi, melaksanakan pelatihan dan sertifikasi bagi perawat yang ingin menekuni keahliannya. Sertifikat kompetensi tersebut menjadi dasar pemberian kewenangan klinis (clinical privilage).

Berdasar AD/ART PPNI dipilih nama Ikatan/Himpunan. Sibentuklah Forum komunikasi yang dipilih dari akademisi dan praktisi yang bertugas menyiapkan Naskah Akademik, menyelenggarakan pra kongres, memproses pendirian ke PP PPNI dan menyelenggarakan Kongres pembentukan dan pelantikan Pengurus Pusat HPHI pada tingkat nadional.

Insaallah, Kongres Nasional HPHI direncanakan 18-19 April 2015 di Semarang.

Selamat berjuang sahabatku. Selamat bekerja Sang Komando Ns. Suhartini, MNS, Dr(can) dan tim. Tiada yang lebih besar di Republik ini tanpa pikiran dan semangat yang besar. Salam maju bersama sukses bersama.

One thought on “Jateng Usulkan Pendirian Himpunan Perawat Holistik Indonesia (HPHI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *