Mengapa Penderita Liver Harus Menghindari Kayu Manis?

KAYU manis atau cinnamon merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak dimanfaatkan dalam pembuatan hidangan makanan atau minuman. Rempah ini juga biasa dimanfaatkan sebagai pengganti gula dalam makanan. Tak hanya itu, ternyata kayu manis juga menyimpan manfaat bagi kesehatan.

Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak konsumsi kayu manis karena salah satu kandungannya bisa membahayakan hati (liver) Anda.

Kayu manis menyimpan berbagai bahan aktif yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan Anda. Salah satunya, yaitu flavonoid yang dapat bekerja sebagai antioksidan. Hal ini membantu tubuh Anda dalam melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Tetapi konsumsi cinnamon dalam jumlah tinggi juga dapat membahayakan orang dengan masalah liver. Hal ini karena kandungan kumarin dalam kayu manis. Kumarin merupakan agen antikoagulan yang dapat memengaruhi kemampuan darah untuk menggumpal.

Bagi orang yang sensitif terhadap kumarin, konsumsi cinnamon dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan risikonya mengalami kerusakan liver (hati), menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry. Sehingga, konsumsi kayu manis dalam jumlah tinggi tidak disarankan pada orang yang memiliki gangguan liver.

Terdapat dua jenis kayu manis yang bisa Anda temui, yaitu kayu manis cassia dan ceylon. Kedua jenis kayu manis ini mengandung senyawa kumarin dalam jumlah yang berbeda. Kayu manis cassia (yang dikenal sebagai kayu manis biasa) mengandung kumarin dalam jumlah lebih banyak dibandingkan kayu manis ceylon. Sayangnya, kedua jenis ini tidak bisa dibedakan jika sudah dalam bentuk bubuk.

Berapa banyak konsumsi cinnamon yang aman? Cinnamon yang Anda dapatkan dari makanan atau minuman biasanya masih dalam jumlah kecil sehingga tidak sampai bisa membahayakan kesehatan Anda. Jadi, Anda mungkin tidak perlu khawatir jika mengonsumsi kayu manis yang terdapat dalam makanan atau minuman.

Namun begitu, Anda harus tahu berapa banyak kayu manis yang aman untuk Anda konsumsi, terutama jika Anda mengonsumsi suplemen kayu manis. Konsumsi yang disarankan adalah tidak lebih dari 2-4 gram setiap hari. Ini tergantung dari kandungan kumarin dalam cinnamon tersebut. Kayu manis jenis cassia yang mengandung kumarin lebih banyak disarankan agar tidak dikonsumsi lebih dari 2 gram per hari. Sedangkan, kayu manis ceylon bisa Anda konsumsi sampai 4 gram per hari.

Asupan kumarin yang masih dapat ditoleransi tubuh adalah sebesar 0,1 mg per kg berat badan per hari. Asupan kumarin yang lebih dari ini dapat menyebabkan keracunan hati dan kanker, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research tahun 2010.

Kombinasi Sayur dan Buah Pembersih Hati

HATI termasuk organ yang vital dalam tubuh. Racun dan virus menjadi musuh besar bagi organ yang terletak di bawah paru-paru ini. Selain itu, hati juga berperan dalam mencerna lemak, metabolisme, dan proses penting lainnya dalam tubuh. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan hati.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan dan kebersihan hati? Dilansir step to health, Rabu ada 4 campuran buah dan sayuran yang dapat mengoptimalkan kinerja hati dalam melakukan proses detoksifikasi. Jangan bayangkan rasanya, tapi rasakan manfaatnya.

Minuman Anggur dan Lemon

Tak hanya segar, kedua buah ini jika dicampurkan dalam satu minuman akan memberi manfaat yang luar biasa bagi tubuh Anda. Segelas minuman anggur dan lemon mengandung sejumlah besar antioksidan. Selain itu, kedua minuman tersebut mengadung resveratrol, di mana kandungan tersebut dapat melindungi jaringan hati dan kerusakan yang disebabkan oleh racun. Tak hanya baik bagi hati, minuman ini dapat meningkatkan fungsi ginjal dan usus.

Minuman Seledri, Lemon, dan Peterseli

Mungkin Anda akan membayangkan bagaimana rasanya mencampur lemon dan sayur-sayuran. Akan tetapi, minuman ini dipercaya punya manfaat menakjubkan bagi tubuh. Sayuran ini berfungsi untuk membersihkan hati dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jus Cranberry, Bit, dan Lemon

Selain terasa lezat, jus ini mengadung antioksidan, serat, dan mineral penting bagi tubuh. Ketika masuk ke tubuh, minuman tersebut akan langsung berperan dalam membersihkan hati dan darah. Jus ini rendah kalori, sehingga juga dapat baik bagi mereka yang sedang diet.

Jus Mangga, Pisang, dan Selada

Minuman ini terasa manis dan sedap, meskipun tersusun dari komposisi yang aneh. Meski demikian, jus campuran buah dan sayuran ini memiliki antioksidan, serat, dan nutrisi penting bagi tubuh, serta berperan sangat penting dalam detoksifikasi hati Anda.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of