5 Makanan Sehat di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan 2020 telah tiba, saatnya umat Muslim menjalankan rukun Islam ke-3, dengan berpuasa. Agar puasa esok hari lancar, kamu perlu makan sahur yang bernutrisi dan bisa memenuhi kebutuhan energi seharian.

Menu sahur harus memiliki nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral. Selain itu juga mampu menghidrasi tubuh agar tak terlalu terasa haus dan lapar selama berpuasa.

Seperti apa makan sehat untuk sahur? Ini rekomendasinya.

1. Telur

 
Pizza Omelette
Pizza Omelette Foto: Mr. Breakfast


Telur bisa jadi pilihan makan sahur sehat karena kaya akan protein, vitamin dan nutrisi lainnya. Makan sahur dengan telur akan membuat perut terasa kenyang lebih lama, karena tubuh perlu waktu perlahan untuk mencerna protein.

Kamu bisa membuat omelette berisi sayuran dan disantap bersama roti gandum atau dibuat telur orak-arik sebagai lauk nasi. Alternatif menu sahur lainnya adalah rebus telur sampai matang dan jadikan campuran salad sayuran.

2. Oatmeal

 
 
Granola With Fresh Fruit-Photographed on Hasselblad H1-22mb Camera
Granola With Fresh Fruit-Photographed on Hasselblad H1-22mb Camera Foto: iStock


Oatmeal cocok jadi menu makan sahur karena tak hanya mengandung karbohidrat kompleks tapi juga kaya protein. Kamu bisa membuat smoothie oatmeal dengan mencampurkan pisang dan susu, lalu diblender sampai halus. Selai bernutrisi tinggi, smoothie oatmeal juga bisa jadi menu sahur praktis untuk kamu, yang tak punya banyak waktu memasak.

Kamu juga bisa membuat bubur oatmeal untuk makan sahur. Bisa dicampurkan dengan kaldu dan suwiran ayam jika lebih suka makanan asin, atau digabungkan dengan buah seperti pisang atau stroberi.

3. Ikan

ilustrasi ikan sarden
ilustrasi ikan sarden Foto: shutterstock


Ikan kaya akan protein dan dikenal sebagai makanan penambah vitalitas. Maka dari itu ikan juga bisa kamu masukkan dalam menu makan sahur. Tapi sebaiknya jangan masak ikan dengan cara digoreng karena akan membuat kamu cepat merasa haus. Olah ikan dengan dimasak menjadi sup, dikukus, tim, atau pepes.

4. Ayam

Chicken Steak
Chicken Steak Foto: Instagram


Ayam kaya akan protein dan mengenyangkan. Seperti dikutip dari NDTV, ayam juga bisa menyediakan energi yang cukup selama seharian berpuasa. Dada ayam akan memberi rasa kenyang lebih lama ketimbang paha atau sayap.


5. Sayur dan Buah

buah dan sayur
buah dan sayur Foto: shutterstock


Jangan lewatkan sayur dan buah saat makan sahur. Kaya akan serat, vitamin dan mineral, sayur dan buah penting agar level energi kamu tetap terjaga dan membantu menahan haus serta lapar.

Beberapa jenis buah yang direkomendasikan untuk makan sahur adalah semangka, melon, jeruk, dan pisang. Sementara sayuran disarankan ketimun, sawi, bayam dan seledri yang memiliki banyak kandungan air.

Demikian rekomendasi makanan untuk makan sahur agar kamu lebih sehat dan bertenaga saat puasa Ramadhan 2020.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of