SELAMATKAN MASYARAKAT DARI TUBERCULOSIS

Hari Tuberkulosis sedunia atau World Tuberculosis Day, diperingati setiap tanggal 24 Maret, yang jatuh pada hari ini diperingati diseluruh dunia termasuk Indonesia. Tema peringatan hari Tuberkulosis sedunia ini adalah “Invest to End TB Save Lives”. Berinvestasi untuk mengkhiri TB, selamatkan nyawa, memberikan makna kepada kita semua bahwa pentingnya sumber daya menuju Indonesia Sehat. Tema ini diambil untuk menyampaikan kebutuhan mendesak dalam menginvestasikan sumber daya demi meningkatkan perjuangan dan mengakhiri Tuberkulosis.

Mengingat Indonesia termasuk dalam delapan negara dengan penyumbang 2/3 kasus TBC diseluruh dunia, bahkan Indonesia menempati posisi kedua setelah India dengan kasus sebanyak 845.000 dengan kematian sebanyak 98.000. Hal ini menjadikan sangat penting dalam konteks pandemi Covid-19 yang telah membahayakan kemajuan End TB.

Adapun tujuan utama peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia tahun ini adalah meningkatkan dan membangun kesadaran masyarakat bahwa TBC sampai saat ini masih menjadi endemi. Dengan fokus pencegahan dan pengendalian TBC adalah penemuan kasus dan pengobatan.

Mengutip dari WHO Global TB Report tahun 2020, salah satu faktor resiko tertinggi penyebab penyakit TBC adalah kurang gizi. TBC dan stunting merupakan hal yang tidak terpisahkan, sehingga sangat penting untuk dilakukan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan lintas sektor dalam rangka mensinergikan upaya-upaya yang mendukung proses eliminasi TBC tahun 2030 dan Penurunan Prevalensi Stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Dalam mendukung pencapaian tujuan dan keberhasilan menurunkan angka kejadian TB dan Stunting, DPW PPNI Jawa Tengah, turut mengambil bagian melalui pemberian pelayanan kesehatan dalam rentang dan siklus pelayanan kesehatan yang meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif menuju Indonesia sehat.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of