Membangun Budaya Meneliti bagi Perawat Klinik

Membangun Budaya Meneliti bagi Perawat Klinik

Pimpinan DPW PPNI Jawa Tengah bersama Tim Riset Kominfo dan Pembicara Webinar Keperawatan

Hari ini 23 April 2022, terselenggara Webinar Keperawatan oleh Central Java Nursing Center DPW PPNI Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan realisasi program kerja bidang Riset dan Kominfo DPW PPNI. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi bagi perawat klinis untuk melakukan penelitian. Webinar diselenggarakan dengan metode Hybrid (daring dan luring), serta disiarkan secara live streaming melalui kanal Youtube DPW PPNI Jawa Tengah.

Pelaksanaan penelitian oleh perawat akademisi sudah banyak terlaksana, bahkan sudah ribuan hasil penelitian telah terpublikasi sejak tahun1985. Seiring dengan dibukanya pendidikan perawat profesional di Universitas Indonesia” kata ketua panitia webinar DR. Sri Rejeki, M.Kep., Sp.Mat dalam sambutan mengawali webinar. Tetapi pelaksanaan penelitian oleh perawat klinis masih belum menggembirakan, sehingga perlu upaya memotivasi perawat klinis untuk melakukan penelitian. Berkaitan dengan hal tersebut DPW PPNI tahun ini juga meluncurkan program hibah kompetitif penelitian dan publikasi hasil penelitian dengan dana stimulan 200 juta.

Sebagai keynote speaker ketua DPW PPNI Jateng adalah ibu Ns. Kurnia Yuliastuti, M. Kep. dengan topik “Peran perawat dalam optimalisasi pelayanan keperawatan berbasis riset”. Sebagai nara sumber dalam webinar adalah pakar riset dari praktisi dan akademisi yaitu Ns. Faridah Aini, M.Kep., Sp.Kep.MB., dengan topik konsep penelitian kuantitatif. Narasumber kedua Ns. Yayuk Setyowati, M.Kep. Sp.Kep.An. dengan topik metode penelitia kualitatif serta diperkuat dengan topik tehnik penyusunan troposal penelitian oleh nara sumber ketiga Ns. Ismonah, M.Kep., Sp.Kep.MB.

Kegiatan webinar ini diikuti oleh 335 perawat klinis dan akademisi dari Jawa tengah dan beberapa provinsi lain di Jawa bahkan dari luar Jawa. Kegiatan berjalan lancar dan peserta antusias dibuktikan dengan peserta aktif bertanya baik secara langsung maupun melalui kolom chat. Program kerja bidang Riset Kominfo adalah webinar dengan topik publikasi karya ilmiah yang direncanakan akan berlangsung pada tanggal 22 Mei 2022.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of