Perawat merupakan garda terdepan dalam pelayanan Kesehatan, Peran perawat sangat membantu pemerintah dalam menjalankan program-program yang telah di tetapkan

Pelantikan DPD PPNI Kota Tegal dihadiri Kadin Kesehatan Kota Tegal. Dalam sambutan nya Kepala Dinas Kota Tegal yang diwakili oleh sekertaris Dinas Kesehatan, Bpk Yuli Prasetya, SKM., M.Kes mengatakan bahwa peran perawat sangat besar dalam pelayanan kesehatan, bahkan keberadaan nya dalam penanganan pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan, perawat hadir 24 jam memberikan asuhan kepada pasien, tanpa mengenal lelah dan tanpa membeda-bedakan. Selain itu Beliau  juga mengatakan bahwa peran perawat sangat membantu pemerintah dalam menjalankan program-program yang telah di tetapkan, seperti yang kita ketahui bersama pada saat ini, program vaksin untuk menyelamatkan masyarakat dari Covid-19, perawat  turun langsung ke masyarakat, bahkan ke pelosok-pelosok untuk menyerukan pentingnya vaksinasi kepada masyarakat. Hal ini disampaikan sekertaris Dinas kesehatan dalam acara pelantikan Dewan Pengurus Daerah  PPNI kota Tegal tanggal 31 Maret 2022 yang di gelar di Ruang Pertemuan Lantai 2 RSU Islam Harapan Anda Kota Tegal.

Acara tersebut nampak begitu ramai, selain di hadiri oleh Sekertaris Dinas Kesehatan kota tegal, di hadiri pula oleh ketua DPW PPNI Jawa Tengah yang diwakilkan waket bidang Pemberdayaan politik  Bapak Pudji Krisdyantoro, S.Kep Ns . MM, Korwil Pekalongan yang diwakili oleh Bapak Saeni S.Kep Ns, Ketua Yayayasan RSU Islam Harapan Anda Kota Tegal Bapak Zaki Afiff , SE, Direktur RSU Islam Harapan Anda Kota Tegal dr. Shahabiyah, MMR beserta Wakil Dikrektur Pelayanan Medis dan Keperawatan dr. Silvia, MM. Hadir pula anggota DPK Sekota Tegal, forum perawat honorer yang ada di kota Tegal, pengurus DPD periode 2016- 2021 dan Pengurus DPD yang baru.

Acara begitu hikmad diawali dengan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan Mars PPNI. Ketua DPD Terpilih sangat antusias dengan adanya acara pelantikan ini, karena dengan demikian telah terbentuk susunan Dewan pengurus Daerah yang baru yang akan bekerja dengan baik, dan membantu perawat-perawat kota Tegal dalam mendampingi setiap permasalahan yang ada, Ketua DPD terpilih Ibu Enike Wiwiek Widianti , S. Kep Ns dalam sambutan nya juga mengatakan bahwa Pengurus DPD terbaru harus memahani isu-isu dan poin-poin penting yang terjadi saat ini dalam keperawatan, dan ini harus segera di selesaikan dan dilaksanakan. Bu Enike juga mengatakan bahwa saat ini PR terbesar kami adalah terkait dengan pendampingan perawat honorer untuk melakukan advokasi kepada Kepala Daerah tentang sinkronisasi data perawat honorer dalam SISDMK harus segera diselesaikan. Audiensi dengan kepala dinas Kesehatan telah dilakukan dan Kepala dinas kesehatan menyambut baik hal ini dan siap mendampingi dan mendukung secara penuh upaya DPD PPNI kota Tegal. Diakhir sambutan nya, beliau mengutip sebuah slogan  “YEN WES SAGUH KUDU LUNGGUH ORA KENA MINGKUH OPO MANEH SELINGKUH“ yang artinya jika sudah menyatakan sanggup, harus bertanggung jawab dan bekerja sepenuh hati. Beliau juga berharap kepengurusan yang baru ini mampu dan bersedia menjalankan tugasnya melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja nyata.

Ketua DPW PPNI Jawa Tengah yang di wakili oleh bapak Puji Krisdyantoro, S.Kep, Ns., MM selaku wakil ketua bidang Pemberdayaan Politik dalam sambutan nya yang luar biasa mengatakan bahwa perawat adalah profesionalisme yang  harus bisa mengelola organisasi dengan baik, mampu bersosialisasi mampu mengembangkan diri dan jangan takut untuk berpolitik, beliau  mengatakan bahwa DPD PPNI Kota Tegal harus bisa menambah jumlah DPK agar wadah organisasi perawat akan lebih banyak dan meluas sehingga bisa melayani anggotanya dengan baik tanpa terkecuali. Dalam Hal ini beliau juga memberi pesan bahwa perawat harus bisa selaras dengan profesi lain, untuk itu,  update ilmu dan pengetahuan harus selalu dilakukan, pendidikan dan pelatihan harus selalu di tingkatkan, perawat harus selalu mengupdate ilmu dan mengasah skill agar prlayanan yang diberikan dapat lebih baik juga. Beliau juga mengatakan bahwa saat ini sudah ada wadah untuk perawat dalam mengupdate ilmu dan skill nya, DWP PPNI Jawa Tengah telah membentuk CJNC sebagai salah satu lembaga tim Ad Hoc untuk mengurus pendidikan dan pelatihan perawat, tim Ad Hoc dibentuk oleh DPD PPNI dan berlaku di tingkat daerah, dengan santai, humoris dan logat jawa nya yang sangat kental beliau juga mengatakan bahwa PPNI itu harus bisa menjadi organisasi yang bisa MENGAYOMI, MENGAYEMI DAN MENGAYANI.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Direktur RSU Islam Harapan Anda, dr. Shahabiyah, MMR. Beliau mengatakan  sangat mengapresiasi dengan terbentuknya dan dilantiknya DPD PPNI kota Tegal, karena dengan ini RS sangat terbantu, mulai dari kepengurusan STR, SIPP sehingga tidak ada lagi perawat yang bekerja tanpa STR dan SIPP. Selain itu Bu direktur juga mengatakan bahwa perawat adalah garda terdepan dan tidak bisa dipungkiri tanpa perawat maka pelayanan sebuah Rumah Sakit tidak akan berjalan dengan baik. Perawatlah yang bekerja 24 jam yang berada disamping pasien, memberikan asuhan dengan sepenuh hati. Direktur juga merasa bangga karena  perawat RSU Islam Harapan anda ada yang menjadi bagian dari kepengurusan DPD PPNI Kota Tegal .Direktur mengatakan bahwa akan medukung sepenuhnya program-program dan kegiatan yang dilakukan oleh DPD PPNI kota Tegal.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of